Cara Membeli Saham untuk Pemula, Yuk Mulai Investasi!

cara-membeli-saham-untuk-pemula

HIGANKS.com – Banyaknya informasi investasi yang tersebar di media sosial membuat millenial akhir-akhir ini melek berinvestasi dan ramai-ramai mempelajari cara berinvestasi, mulai dari reksadana, saham, dan pasar uang.

Bagi kamu yang pemula, penting sekali mempelajari bagaimana cara berinvestasi yang baik dan benar, khususnya dalam membeli saham. Yuk simak cara membeli saham untuk pemula!

1. Pahami Ilmu Dasar Investasi Saham

Cara paling awal yang harus kamu lakukan adalah mempelajari dan memahami ilmu-ilmu yang paling mendasar tentang saham Ganks! mulai dari apa itu saham, jenis- jenis saham, sisi positif dan negatif dalam investasi saham, bagaimana proses terjadinya jual beli saham, sampai faktor – faktor yang perlu di perhatikan dalam berinvestasi saham.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui profil resiko kamu untuk mulai berinvestasi saham Ganks! hal ini bertujuan untuk membantu kamu menentukan jenis investasi saham apa yang cocok untuk kamu dan tentunya menghindari kerugian yang tidak di inginkan.

2. Tentukan Perusahan Sekuritas

Cara selanjutnya adalah cari tahu perusahaan sekuritas yang pas dengan kamu. Perlu diketahui nih Ganks! perusahaan sekuritas berperan sebagai perantara kamu dalam berinvestasi saham. Dalam artian, perusahaan sekuritas ini yang dapat membantu kamu mulai dari membuka rekening investasi sampai membantu kamu secara teknikal dalam berinvestasi.

Sekarang ini, banyak perusahaan sekuritas yang bisa jadi perantara kamu dalam berinvestasi saham, yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan perusahaan sekuritas pilihanmu sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , lalu perhatikan ketentuan setoran awal investasi di sekuritas tersebut, usahakan masuk dengan budget keuanganmu ya Ganks! Selain itu pahami layanan-layanan yang di sediakan oleh sekuritas untuk menunjang kamu dalam berinvestasi.

3. Buat Rekening Investasi

Cara berikutnya adalah kamu perlu membuka RDN. RDN adalah Rekening Dana Nasabah yang menjadi rekening tampungan dana investasi yang terhubung dengan rekening bank kamu. Singkatnya RDN adalah Rekening Investor. Sekarang ini kamu sudah bisa membuka RDN ini melalui online lho Ganks!

Baca juga:

4. Pilih Saham Yang Akan Dibeli

Cara ini harus sangat kamu perhatikan ya Ganks! Sebelum membeli saham, pastikan kamu sudah mencari tahu informasi saham perusahaan yang akan kamu beli.

Kalau kamu sudah ada basic knowledge tentang keuangan, kamu bisa loh mempelajari kondisi keuangan saham perusahaan yang akan kamu beli terlebih dahulu.

Namun, kalau kamu belum terlalu memahami kondisi keuangan, jangan khawatir Ganks! cara yang paling mudah untuk kamu sebagai pemula dalam berinvestasi adalah pilih saham perusahaan yang industrinya kamu ketahui, atau perusahaan yang produknya kamu gunakan sehari-hari.

Selain itu disarankan untuk pemula agar membeli saham yang termasuk dalam kategori blue chip, karena pada umumnya saham dalam kategori blue chip memiliki kinerja yang baik dan memberi keuntungan bagi kamu sebagai investor pemula.

5. Pelajari Kondisi Market

Pada dasarnya harga saham dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal seperti laba rugi perusahaan dan issue didalam perusahaan maupun faktor eksternal perusahaan seperti politik, ekonomi, keamanan sampai issue internasional.

Oleh karena itu sebagai investor kamu perlu memahami kondisi market saat kamu akan membeli atau menjual saham guna nya untuk mencapai keuntungan dan menghindari kerugian yang tidak di inginkan.

Nah berikut adalah 5 cara membeli saham untuk pemula yang bisa kamu jadikan pengetahuan kamu untuk memulai berinvestasi ya Ganks! Yuk mulai sekarang. Invest now, cuan soon!

Baca juga: