Cara Melakukan Smash Bola Voli untuk Pemula

Cara-Melakukan-Smash-Bola-Voli-untuk-Pemula

HIGANKS.com – Salah satu olahraga yang cukup banyak peminatnya adalah bola voli. Olahraga ini memang sudah cukup populer di Indonesia.

Akan tetapi, saat melakukannya pastikan untuk mengetahui betul bagaimana permainan tersebut. Termasuk mengetahui bagaimana cara melakukan smash bola voli untuk pemula.

Pengertian Teknik Smash Bola Voli

Bagi seorang pemula, sangat penting untuk mempelajari mengenai teknik dasar permainan bola voli. Smash sendiri merupakan salah satu teknik dasar dalam olahraga tersebut. Jika dibandingkan dengan teknik yang ada lainnya, smash termasuk salah satu yang paling menarik untuk dipelajari.

Terutama bagi mereka yang masih berada pada tahap awalnya. Smash ini sendiri merupakan gerakan pukulan yang paling utama untuk menyerang lawan agar mendapatkan kemenangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukannya dengan tepat.

Oleh karena itu, Anda bisa menyimak terlebih dahulu apa saja cara yang perlu dilakukan dalam gerakan pukulan atau smash tersebut. Jika tidak, maka tentu saja sebuah permainan bola voli kurang lengkap apabila salah satu anggotanya tidak bisa melakukan teknik smash.

Tahapan Melakukan Smash Bola Voli

Ada beberapa tahapan yang perlu diketahui saat ingin melakukan smash. Anda perlu memahami tahapan tersebut dengan baik agar nantinya dapat diperoleh gerakan smash dengan tepat tanpa terjadi cidera. Lantas apa saja tahapan melakukannya?

Tahapan dimulai dengan membuat langkah awalan, membuat tolakan, memukul bola saat melayang di udara, mendarat dengan baik setelah memukul bola. Perlu diketahui bahwa langkah awalan tersebut perlu diambil sekitar satu hingga tiga langkah.

Kemudian untuk langkah yang diambil perlu cukup lebar. Jika sudah mendekati net, maka kedua lengan bisa diayunkan ke arah belakang. Hentakkan kedua kaki sambil melompat. Gunakan lengan untuk memukul ke depan dengan terjulur. Pastikan pergelangan tangan dalam posisi longgar.

Cara Melakukan Smash Bola Voli

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa cara atau urutan yang bisa Anda lakukan dalam gerakan smash. Pertama adalah dengan mengambil langkah lebar mulai dari 1 sampai 3 langkah. Selanjutnya, melangkah sambil mendekati net kemudian mengayunkan kedua lengan ke arah belakang.

Jika sudah maka hentakkan semua kaki bersusulan kemudian melompat tinggi. Ayunkan lengan untuk memukul bola ke arah depan. Lakukan cara ini dengan punggung yang menegang ke belakang. Kemudian pukul bola menggunakan tangan yang terjulur. Pastikan tangan terbuka agar bola ternaungi.

Saat memukul bola sendiri diperlukan pergelangan tangan yang cukup longgar. Itulah beberapa cara yang bisa diketahui saat ingin melakukan smash. Diperlukan latihan secara berkala agar bisa menghasilkan pukulan yang keras untuk memenangkan pertandingan.

Tips Meningkatkan Kekuatan Smash

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin meningkatkan kekuatan gerakan smash. Tips tersebut antara lain dengan melatih kekuatan lengan dan bahu. Caranya yakni dengan melakukan push up. Cara tersebut perlu dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasilnya.

Pastikan untuk melakukan gerakan push up sekitar 30-50 kali setiap hari. Sebagai tambahan, tidak ada salahnya juga untuk melakukan gerakan angkat barbel. Cara ini dapat dilakukan dengan berat barbel sekitar 1 kilogram saja atau sesuai kemampuan.

Gerakan angkat barbel tersebut cukup efektif untuk melatih kekuatan bahu. Cobalah juga untuk memutar-mutarnya seperti arah jarum jam. Kemudian lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Imbangi juga dengan rutin latihan gerakan smash.

Itulah informasi mengenai cara melakukan smash bola voli untuk pemula. Tentu saja tidak akan sulit untuk melakukan gerakan smash meskipun masih tergolong sebagai seorang pemula. Terlebih jika melakukan secara rutin pasti akan lebih maksimal.